Jumat, 15 September 2017

Makanan Penyebab Sakit Maag dan Cara Penanganan Tepat Untuk Mengobatinya Secara Alami

Makanan Penyebab Sakit Maag dan Cara Penanganan Tepat Untuk Mengobatinya - Kembali lagi kita akan membahas seputar sakit maag nih, Mungkin banyak cara yang sudah kami berikan untuk mengatasi sakit maag dan diantara kalian mungkin sudah baca sebelumnya.

Kali ini http://www.obatmaagampuh.com/ akan memberikan tips yang bisa kalian jadikan referensi yang baik dalam mengatasi sakit maag. Sebelum kita mengarah pada penaganan sakit maag alangkah baiknya jika mengetahui makanan yang menyebabkan sakit maag.

Sakit Maag Harus Perhatikan Makanan dan Pola Makan, Gunakan Cara Alami untuk Penanganan yang Tepat

Makanan dan Pola Makan Penyebab Sakit Maag


Memperhatikan makanan yang kita makan adalah salah satu yang harus kita lakukan, hal itu dilakukan untuk menjaga kesehatan tetap terjaga. Sakit maag seringkali disebabkan oleh pola makan atau jenis makanan yang kita makan, diantaranya adalah :

1. Makanan porsi besar


Makanan besar menyebabkan perut Anda menghasilkan lebih banyak asam lambung yang dapat menumpuk dan mengiritasi kerongkongan Anda. Dianjurkan untuk makan lebih sering dengan porsi yang kecil dibandingkan makan sekaligus dengan porsi besar.

2. Makanan yang digoreng


Makanan tinggi lemak seperti gorengan, membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Semakin lama ia berada di perut Anda, semakin banyak asam lambung diproduksi yang akhirnya akan mengambil lebih banyak ruang di perut Anda. Karena perut dipenuhi oleh banyak makanan, makanan Anda akan meluap sampai ke kerongkongan. Hal ini akan menyebabkan gejala gangguan asam lambung dan maag. Gorengan termasuk kentang goreng, ayam goreng, donat, dan keripik kentang.

3. Makanan asam


Meskipun buah memiliki banyak manfaat kesehatan, kadang-kadang mereka dapat memicu asam lambung. Banyak buah mengandung kadar asam yang tinggi. Keluarga buah jeruk termasuk lemon, jeruk, dan tomat mengandung asam yang dapat mengganggu keseimbangan pH di perut Anda. Buah-buahan dan sayuran dapat menambah keasaman dan menyebabkan gejala maag.

4. Brokoli


Brokoli merupakan sumber serat dan nutrisi. Jika Anda mengalami gejala maag terkait dengan gas dan kembung, hindari memakan brokoli. Terlalu banyak serat dapat menyebabkan sistem pencernaan Anda menghasilkan lebih banyak gas, yang dapat memicu heartburn.

Kopi adalah salah satu yang menyebabkan timbulnya sakit maag5. Kopi dan minuman berkarbonasi


Jika Anda sering bermasalah dengan gangguan asam lambung, kebiasaan minum kopi sebaiknya dikurangi, kalau belum bisa ditinggalkan sama sekali karena dapat menyebabkan timbulnya sakit maag. Selain kopi, minuman berkarbonasi seperti soda juga bisa merangsang naiknya asam lambung ke kerongkongan yang menyebabkan nyeri perut atas.

6. Makanan pedas


Jika Anda menyukai makanan pedas namun Anda memiliki maag, kami punya kabar buruk. Ini saatnya untuk menjauhkan botol sambal. Makanan pedas dapat menambah penumpukan asam dan menyebabkan naiknya asam lambung. Untuk mencegah gejala maag, lebih baik menghindari cabai dan saus pedas.

7. Alkohol


Anda mungkin sudah tahu bahwa alkohol tidak baik bagi kesehatan, tapi kami ingin menyebutkan lagi bahwa alkohol akan memperburuk refluks asam lambung. Alkohol meningkatkan asam lambung dalam perut Anda dan membuat tubuh Anda dehidrasi.

8. Cokelat


Saya juga sedih seperti Anda. Tetapi cokelat memang dikenal sebagai pemicu gejala refluks asam lambung. Cokelat mengandung senyawa yang disebut theobromine yang menyebabkan otot esophageal sphincter mengendur, yang memungkinkan asam mengalir sampai kerongkongan. 

Itulah beberapa yang dapat kami sebutkan tentang penyebab sakit maag, sebetulnya masih banyak sekali penyebab yang dapat menimbulkan sakit maag untuk itu kalian harus rajin menjaga pola makan dan teliti dalam memilih makanan yang sehat.

Cara Tepat Mengobati Sakit Maag Secara Alami / Tradisional


Sakit maag juga sering dikaitkan dengan tingginya asam lambung di dalam lambung seseorang. Oleh sebab itu kita harus tahu bagaimana cara mengobati asam lambung yang tinggi ketika maag menyerang secara alami / tradisional. Berikut ini adalah cara mengobati maag paling tepat yang bisa anda lakukan di rumah :

Beberapa Bahan Alami Mengobati Sakit Maag

1. Sari Kedelai


Cara pertama yang bisa anda gunakan untuk mengobati sakit maag adalah dengan menggunakan sari kedelai. Produk olahan sari kedelai pun bisa menghilangkan maag secara efktif. Sari kedelai dan olahannya mampu mengobati sakit maag dikarenakan zat yang ada di dalamnya seperti antioksidan, kaya dengan nutrisi, kaya dengan vitamin, protein dan juga lemak nabati. Semua kandungan yang ada pada kedelai itulah yang bisa digunakan untuk mengobati sakit maag. Cara mengobati sakit maag menggunakan kedelai itu adalah sebagai berikut ini :

  • Sangrai biji kedelai.
  • Haluskan dan blender biji kedelai tersebut sampai benar-benar halus.
  • Setelah itu seduh biji kedelai itu menggunakan air panas dan diminum selagi hangat.
  • Lakukanlah cara itu secara teratur agar sakit maag anda berangsur-angsur membaik.

2. Biji Pepaya


Cara mengatasi sakit maag lainnya adalah menggunakan biji pepaya. Selama ini biji pepaya bisa digunakan sebagai cara mengatasi berbagai macam penyakit. Cara mengatasi penyakit maag dengan menggunakan biji pepaya adalah sebagai berikut ini :

  • Keringkanlah biji pepaya dengan menjemurnya.
  • Tumbuklah halus biji papaya itu sampai benar-benar lembut.
  • Setelah itu seduhlah menggunakan air panas. Aduk sampai merata setelah itu minum ramuan tersebut selagi hangat dan minumlah secara teratur sampai kondisi lambung membaik.

3. Temulawak


Pengobatan maag bisa dengan menggunakan bahan tradisional temulawak. Saat ini temulawak bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit, salah satunya adalah untuk mengatasi anak susah makan, sebagai cara mengobati usus buntu tanpa operasi. Cara mengatasi sakit maag dengan temulawak adalah sebagai berikut ini :

  • Iris dan potong temulawak menjadi beberapa bagian setelah itu angin-anginkan irisan temulawak tersebut.
  • Setelah di angin-anginkan rebuslah irisan temulawak itu menggunakan 8 gelas air dan dibiarkan sampai mendidih.
  • Saa direbus buatlah air rebusan itu menjadi 3 gelas banyaknya. Setelah itu dimatikan dan juga didingankan.
  • Setelah didinginkan anda bisa meminumnya selagi hangat. Cukup satu air gelas saja setiap harinya dan secara teratur.
  • Meminum air rebusan itu secara teratur dipercaya bisa digunakan untuk mengobati sakit maag.

4. Biji Pala


Cara untuk mengobati sakit maag bisa menggunakan biji pala. Biji pala selama ini dipercaya untuk mengobati berbagai macam penyakit dan bisa digunakan untuk untuk mengobati sakit maag. Cara untuk mengobati sakit maag menggunakan biji pala adalah sebagai berikut ini :

  • Ambil biji pala sebanyak dua buah.
  • Tumbuk biji pala tersebut sampai benar-benar halus.
  • Setelah itu ambil pisang yang sudah dijadikan serbuk.
  • Seduhlah kedua bahan tersebut menggunakan air hangat.
  • Setelah diseduh menggunakan air hangat aduk secara merata dan minum air seduhan itu satu kali sehari.
  • Ulangi langkah-langkah tersebut sampai satu bulan lamanya.

5. Daun Salam


Siapa sangka jika daun salam yang selama ini dijadikan sebagai bumbu masakan bisa digunakan sebagai penghilang dan obat sakit maag. Daun salam ini bisa digunakan untuk mengatasi asam lambung tinggi. Saat asam lambung tinggi perut akan terasa perih dan pedih, saat itulah anda bisa meminum ramuan dari bahan herbal daun salam untuk menormalkan kembali asam lambung yang ada di dalam lambung anda. Cara pengobatan sakit maag menggunakan daun salam adalah sebagai berikut ini :

  • Siapkan sebanyak 20 lembar daun kemudian cuci bersih menggunakan air yang mengalir.
  • Rebuslah menggunakan 3 gelas air lalu dan tambahkan gula batu seperlunya.
  • Biarkanlah air rebusan itu mendidih dan dan sisakan air rebusan itu menjadi satu gelas air.
  • Minumlah satu hari sebanyak satu gelas air rebusan. Anda bisa meminumnya sampai sakit maag yang anda derita benar-benar hilang.

6. Daun Keji


Cara mengobati sakit maag secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan daun keji. Selama ini daun keji dipercaya bisa digunakan untuk mengobati sakit maag paling ampuh. Manfaat daun keji itu sudah tidak diragukan lagi bahkan di dalam dunia herbal di negara Indonesia. Salah satu fungsi daun keji adalah bisa digunakan untuk mengatasi asam lambung yang tinggi. Cara pengobatan sakit maag menggunakan daun keji adalah sebagai berikut ini :

  • Ambillah sebanyak 3 lembar daun keji beling yang masih segar.
  • Cuci bersih daun keji tersebut sampai bersih.
  • Rebuslah daun keji itu menjadi setengah matang.
  • Anda bisa menggunakan daun keji itu sebagai lalapan.

Setiap makan jangan lupa untuk menggunakan daun keji itu sebagai lalapan, namun yang harus diingat disini adalah daun keji itu harus dalam kondisi yang bersih dari bakteri dan kuman. Bakteri dan kuman itu hanya akan mati setelah direbus dan jangan dibiasakan memakan lalapan dar sayur mentah sebab bakteri dan kuman banyak menempel di sayuran mentah.

7. Pisang Raja


Selama ini khasiat pisang untuk kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Sayangnya ketika anda menghilangkan sakit maag dan menggunakan pisang raja tidak boleh berlebihan sebab ada banyak efek terlalu banyak makan buah pisang yang harus anda ketahui.

Pisang bisa digunakan untuk mengobati sakit maag dikarenakan di dalam pisang itu mengandung banyak gizi dan manfaat. Zat gizi yang ada pisang adalah pektin. Pektin merupakan zat yang bisa melindungi selaput lendir di dalam lambung. Jika tidak dilindungi, selaput lendir itu akan mudah sekali bertabrakan dengan asam lambung yang tinggi. 

Tidak hanya itu saja jika selaput lendir langsung berhubungan dengan asam lambung maka selaput lendir itu bisa dengan mudah terkikis habis. Jika selaput lendir lambung sudah menipis maka lambung akan terasa perih dan menyakitkan terutama jika asam lambung tersebut meninggi dan mengikis selaput lendir lambung tersebut. Cara menghilangkan sakit maag dengan pisang raja adalah dengan mengkonsumsi dua buah pisang raja setiap harinya. Selama maag anda belum ada perubahan anda wajib mengkonsumsi pisang raja itu sampai maag anda berangsur-angsur membaik.

8. Kacang Hijau


Cara menghilangkan sakit maag yang efektif selanjutnya adalah menggunakan kacang hijau. Selain mengkonsumsi kacang hijau secara langsung anda juga bisa mengkonsumsi berbagai macam olahan dari kacang hijau seperti bubur kacang hijau, minuman sari kacang hijau dan masih banyak lagi lainnya. Kacang hijau juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan lambung agar lambung tidak mudah terkena asam lambung yang tinggi. Cara menghilangkan sakit maag dengan menggunakan kacang hijau adalah sebagai berikut ini : 

  • Rendam kacang hijau selama 30 menit.
  • Kemudian rebuslah kacang hijau menggunakan tiga gelas air sampai mendidih.
  • Ketika airnya tinggal setengah makan kacang hijau tersebut bersamaan dengan air rebusannya.
  • Anda bisa melakukan pengobatan itu sebanyak tiga kali dalam sehari dengan dosis satu sendok makan sampai dua sendok makan dalam sekali pengkonsumsian.

9. Daun Alpukat Kering


Buah alpukat selama ini telah dipercaya bisa digunakan dalam hal kecantikan dan juga kesehatan. Kandungan vitamin E yang ada dalam buah alpukat itu dipercaya bisa digunakan untuk melembabkan kulit dan menjaga kesehatan kulit. Tidak hanya itu saja, dalam kesehatan alpukat bisa sebagai cara menggemukkan badan secara alami dan bisa digunakan untuk mencerdaskan otak bayi. Tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat namun ada beberapa khasiat biji alpukat dan juga khasiat dari daun alpukat. Khasiat daun alpukat bisa digunakan untuk mengobati sakit maag secara efektif dan juga secara efisien. Cara mengatasi sakit maag menggunakan daun alpukat adalah sebagai berikut ini :

  • Ambil beberapa lembar daun alpukat, cuci bersih daun alpukat tersebut.
  • Keringkanlah daun alpukat tersebut sampai benar-benar kering.
  • Setelah daun alpukat menjadi kering, rajanglah daun alpukat kering itu.
  • Ambil satu sendok makan rajangan daun alpukat yang telah kering.
  • Seduh dengan segelas air panas.
  • Aduk agar merata, setelah itu anda bisa meminumnya selagi air seduhan itu masih hangat kuku.
  • Meminum air rebusan itu sebanyak dua kali dalam sehari agar maag yang anda derita menghilang dan berkurang. Air rebusan ini juga bisa digunakan untuk menormalkan asam lambung yang tinggi sehingga rasa perih dan panas akan berkurang.

10. Akar Daruju Kering


Pernahkah anda melihat pohon daruju?, memang pohon tersebut belum dikenal luas oleh masyarakat luas dikarenakan keberadaan pohon tersebut yang semakin jarang. Telah lama pohon daruju dipercaya khasiatnya dalam kesehatan misalnya saja adalah untuk mengobati jenis-jenis hepatitis dan sebagai obat radang tenggorokan. Tidak hanya itu, akar pohon daruju pun dipercaya bisa digunakan untuk menghilangkan sakit maag. Akar daruju ini bisa anda dapatkan di pasar tradisional. Cara menghilangkan sakit maag menggunakan akar daruju itu adalah sebagai berikut ini :

  • Ambillah sebanyak 30-60 gram akar daruju kering.
  • Campurkan dengan 3 gelas air.
  • Rebus sampai mendidih dan sisakanlah sebanyak satu gelas saja.
  • Biarkan air rebusan itu sampai dingin, setelah dingin saringlah air rebusan itu dan minum selagi hangat.
  • Mengkonumsi air rebusan itu akan efektif jika diminum sebanyak dua kali dalam sehari sampai maag anda benar-benar menghilang dan sembuh.

11. Akar Bunga Matahari


Untuk menghilangkan sakit maag secara efektif selanjutnya adalah dengan menggunakan akar bunga matahari. Selama ini yang kita kenal khasiatnya hanyalah biji bunga matahari atau kwaci. Namun siapa sangka jika akar bunga matahari juga memiliki banyak khasiat terutama untuk mengobati sakit maag. Cara menggunakan akar bunga matahari sebagai obat maag adalah sebagai berikut ini :

Sediakan sebanyak 30 gram bunga matahari, 10 gram adas, 10 gram biji ketumbar kemudian dihaluskan, 5 butir kapulaga dan juga 500 cc air.

Cara pembuatannnya pun sangat mudah sekali yaitu dengan merebus semua bahan tersebut menggunakan 500 cc air. Biarkan air tersebut sampai mendidih kemudian sisakan menjadi setengahnya saja yaitu 250 cc air. Saring air rebusan itu kemudian minum saat masih hangat. Untuk mengobati sakit maag anda bisa mengkonsumsinya sebanyak satu kali dalam sehari. Anda bisa mengkonsumsi air rebusan itu sampai maag anda menghilang.

12. Bangle


Bangle memang dipercaya bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Untuk mengobati sakit maag, anda bisa mencampurkannya dengan berbagai macam bahan-bahan lainnya yaitu dengan jahe, kencur dan juga lempuyang. Cara membuat ramuan ini adalah sebagai berikut ini :

Sediakan setengah ruas jari bangle, setengah ruas jahe, setengah ruas kencur dan lempuyang. Cuci bersih semua bahan tersebut dan diiris tipis-tipis.

Cara pembuatannya adalah dengan merebus semua bahan itu menggunakan 5 gelas air sampai air rebusan berubah menjadi setengahnya saja. Saring air rebusan itu dan minumlah sebanyak dua kali dalam sehari. Meminum air rebusan itu harus sebelum makan agar ketika anda mengkonsumsi makanan perut anda tidak akan terasa perih dan panas.

13. Susu Kambing


Cara pengobatan maag selanjutnya adalah dengan menggunakan susu kambing. Memang selama ini yang dikenal masyarakat hanyalah susu sapi saja. Khasiat susu kambing ini tidak kalah dengan khasiat susu sapi. Susu kambing ini pun banyak digunakan untuk produk kecantikan misalnya saja adalah lotion tubuh, sabun wajah, lulur dan masih banyak lagi lainnya. 

Tidak hanya untuk kecantikan saja, namun susu kambing ini pun bermanfaat untuk mengatasi sakit maag. Caranya pun sangat mudah anda tinggal mengkonsumsi susu kambing itu secara teratur dan dalam kondisi yang masih segar. Sebelum sakit maag anda berkurang sebaiknya anda tidak menghentikan pengkonsumsian susu kambing tersebut agar sakit maag anda segera menghilang dan asam lambung menjadi normal kembali.

14. Daun Mint


Cara mengobati sakit maag yang bisa anda lakukan di rumah adalah menggunakan daun mint. Mengobati sakit maag degan menggunakan daun mint sangat mudah sekali yaitu dengan cara mengunyah tiga lembar daun mint bersih tersebut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda harus mengunyahnya rutin sebanyak tiga kali dalam sehari. Cara ini aman dan tidak menimbulkan efek samping.

15. Madu Asli


Madu asli sudah tidak diragukan lagi khasiatnya untuk kesehatan. Sayangnya madu asli saat ini susah ditemukan sebab banyak produsen madu nakal yang mengoplos madu asli dengan gula jawa. Mudah saja mengetahui mana madu asli dan mana madu palsu. Ada tinggal menaruh madu ke dalam freezer. Jika madu itu membeku berarti madu tersebut adalah palsu sedangkan jika tidak membeku maka madu itu adalah madu asli.

Madu tidak hanya berguna untuk kesehatan namun juga berguna untuk kecantikan. Dalam kecantikan madu bisa digunakan untuk melembabkan bibir, melembabkan kulit dan menghaluskan kulit serta bisa digunakan untuk memerahkan bibir. Sayangnya bagi anda yang menderita diabetes tidak boleh mengkonsumsi madu sebab ada beberapa macam bahaya madu untuk diabetes. Cara menghilangkan sakit maag menggunakan madu asli sangat mudah sekali yaitu anda bisa meminum madu asli itu setiap hari. Selain bisa digunakan untuk menormalkan asam lambung anda juga bisa menambah stamina menggunakan madu asli tersebut.

16. Alpukat


Tidak hanya daun buah alpukat kering saja yang bisa digunakan untuk mengobati maag namun buah alpukat pun bisa digunakan untuk menghilangkan sakit maag. Berbagai macam kandungan yang ada di dalam buah alpukat bisa digunakan untuk menetralisir kondisi asam lambung yang tinggi. Mengkonsumsi setengah buah alpukat sebelum makan bisa digunakan untuk menghilangkan rasa perih dan menormalkan kadar asam lambung yang tinggi. Rutinlah mengkonsumsi buah alpukat tersebut agar maag anda segera berangsur-angsur baik dan membaik.

17. Gandum


Cara mengatasi maag secara efektif adalah menggunakan gandum. Gandum ini bermanfaat untuk membantu organ pencernaan terutama lambung yang memiliki asam lambung tinggi. Kandungan vitamin E dan berbagai macam vitamin yang ada biji gandum itu bermanfaat untuk bisa mengobati sakit maag.

18. Bawang Putih


Cara mengatasi maag yang bisa anda coba adalah dengan menggunakan bawang putih. Siapa sangka jika bumbu dapur satu ini bisa digunakan untuk meredakan sakit maag. Kandungan antiseptik dan juga zat-zat lainnya yang ada di bawang putih bisa digunakan untuk menetralisir asam lambung yang tinggi. Cara mengatasi maag dengan menggunakan bawang putih adalah berikut ini :

  • Geprek kasar 3 siung bawang putih.
  • Seduh menggunakan air panas.
  • Minumlah seduhan bawang putih itu saat hangat.
  • Agar cepat sembuh anda bisa meminum air seduhan itu dua kali dalam sehari secara teratur.

19. Mengatur Pola Makan


Maag yang anda derita tidak akan hilang jika anda tidak memiliki pola makan yang baik. Usahakanlah ketika jam makan, anda harus makan. Ada juga bisa memberlakukan pola makan sedikit tapi sering. Hal itu akan membantu anda dalam menjaga lambung anda yang terkena maag. Maag akan bisa kambuh jika seseorang lupa makan dan memiliki pola makan yang serampangan. Oleh sebab itulah anda harus memperbaiki pola makan jika ingin mengobati sakit maag secara tuntas. Semua obat tidak akan manjur jika anda tidak memiliki pola makan yang baik dan teratur.

20. Menjauhi Sumber Makanan Penyebab Asam Lambung Tinggi


Agar kondisi maag anda tidak bertambah parah anda harus menghindari berbagai macam makanan yang memicu asam lambung menjadi tinggi. Orang yang menderita maag tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung gas dan makanan yang menyebabkan asam lambung tinggi. Makanan yang bisa memicu asam lambung tinggi adalah makanan pedas, berminyak, bersantan dan juga asam. Tidak hanya itu saja anda juga harus menghindari alkohol, soda dan juga rokok agar maag yang anda derita segera hilang dari dalam tubuh anda.

21. Hindari Makanan Tinggi Serat


Saat maag anda kambuh sebaiknya anda menghindari makanan yang tinggi serat, saat maag kambuh anda bisa mengkonsumsi makanan penderita maag yang sehat agar anda tidak semakin tersiksa dengan kondisi asam lambung anda. Makanan yang sulit dicerna bisa menyebabkan lambung bekerja lebih keras dan kondisi lambung akan semakin parah. Jika kondisi lambung semakin parah rasa sakit yang dihasilkan ketika maag kambuh akan begitu menyiksa.

22. Obat Maag


Solusi terakhir untuk mengobati sakit maag adalah dengan menggunakan obat maag. Sayangnya ada berbagai macam efek samping obat maag yang harus diperhatikan ketika anda memilih menghilangkan maag menggunakan obat. Jika tidak sangat terpaksa jangan menggunakan obat maag sebagai alternatif pertama untuk mengatasi gejala maag kronis yang sedang anda alami. Saat ini banyak sekali obat maag yang ada di pasaran, namun sebaiknya anda memilih dan memilah mana obat maag yang cocok untuk anda konsumsi. Jika anda terus mengkonsumsi obat maag tersebut bisa jadi dinding lambung anda akan semakin tipis sebab zat kimia yang ada di dalam obat tersebut justru akan mengikis dinding lambung. Berikut ini ada berbagai macam jenis obat maag yang bisa anda pilih :

  • Simetidin
  • Antasida
  • Randitidine
  • Proton pump inhibitor.
  • Ctorotective agent.

Itulah berbagai macam tips mengobati sakit maag yang anda bisa gunakan. Agar maag anda segera hilang, anda harus telaten dan teratur dalam mengkonsumsi ramuan tradisional yang telah disebutkan di atas. Tidak hanya itu saja anda juga harus menjauhi penyebab asam lambung tinggi yang bisa menyebabkan maag dan mulai menerapkan pola makan secara teratur. Pola makan tertaur terbukti menjadi cara mencegah maag dan mengobati sakit maag yang efektif.

Penanganan sakit maag menggunakan bahan alami / tradisional adalah langkah yang sangat tepat, praktis dan juga sangatlah aman tanpa efek samping. Hal ini tidak akan menimbulkan efek samping berbahaya. Untuk itu pilihlah cara pengobatan sakit anda yang menurut anda baik.

Selamat mencoba semoga lekas sembuh sakit maag yang kalian derita.

Artikel Terkait

This Is The Newest Post

1 komentar so far

terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://idblackwalet.com/cara-cepat-mengatasi-jerawat-batu-di-wajah/


EmoticonEmoticon